Tentang Batu Topaz

Batu cincin permata yang akan kita kulik pada artikel kali ini adalah jenis batu topaz. Sebuah batuan yang terdiri dari alumunium oxide dan kiezelzuur. Nah, batu topaz ini menjadi salah satu batu yang paling keras karena memiliki niai kekerasan mencapai angka 8 berdasarkan skala keras Mohs. Angka tersebut menempatkan batu topaz di urutan keempat dari semua batu-batu mulia lainnya setelah batu intan, corundum, dan chrysoberyl.

Di negara Indonesia sendiri, banyak sekali nama-nama untuk menyebut batu topaz ini. Ada yang menyebutnya batu daud, mirah cempaka dan ada juga yang menyebutnya batu selong. Ada satu hal yang menjadi kelemahan batu cincin permata topaz ini. Meskipun batu ini termasuk salah satu batu yang sangat keras, tetapi apabila batu ini terbentur dengan sangat keras atau mengalami perubahan suhu yang sangat ekstrim, batu topaz ini bisa rusak atau retak. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki cincin permata batu topaz harus menjaganya betul-betul dari perubahan suhu atau benturan yang keras.

london blue topazOrang-orang di masa lalu beranggapan bahwa batu topaz ini hanya berwarna kuning. Namun belakangan diketahui bahwa batu topaz sangat beragam warnanya. Mulai dari cokelat (smoky topaz), merah muda, ungu dan biru. Bahkan ada beberapa jenis batu topaz yang tidak berwarna atau transparan dan memiliki beberapa warna pada satu batu (bi-color). Akan tetapi jenis batu topaz yang paling sering diburu orang adalah batu topaz yang berwarna biru, merah keemasan atau jingga. Dan apabila Anda ingin membeli batu topaz dengan harga yang lebih murah, carilah batu topaz yang warnanya biru muda.

Cincin permata batu topaz yang berkualitas super biasanya mengeluarkan kilauan yang sangat terang, kristalnya pun bening, dan apabila batu topaz ini disentuh akan terasa licin. Uniknya dari batu ini adalah, jika Anda coba gosok-gosok batu ini dengan keras, maka akan bisa mengeluarkan percikan api atau listrik statis di batunya.

Keaslian Batu Topaz

Batu topaz yang berkualitas bagus ini harganya cukup mahal, dan apabila Anda takut tertipu dengan batu topaz palsu, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan. Belilah cairan bromoform di apotik, lalu coba celupkan batu topaz tersebut ke cairan bromoform. Nah, apabila batu topaz tersebut tenggelam, hal tersebut mengindikasikan bahwa batu topaz yang Anda beli adalah asli. Namun sebaliknya, apabila batunya justru mengambang berarti batu topaz tersebut palsu. Selain batu topaz, cairan bromoform ini biasanya juga digunakan untuk menguji keaslian batu cinicn permata aquamarine. Apabila batu aquamarine mengapung, maka batunya asli. Tetapi jika tenggelam, maka batunya adalah palsu.

Dan cara termudah untuk memeriksa keaslian batu topaz serta terbaik untuk dilakukan adalah dengan membawa ke lab batu mulia seperti IGL ASIA yang sudah terpercaya sejak tahun 1979 untuk mendapatkan laporan singkat pada sebuah Gem ID.

Batu topaz ini banyak ditambang di Brazil. Bahkan salah satu negara bagian di Brazil ini menjadi tempat penghasil batu topaz terbesar di dunia. Yaitu terletak di Minas Gerais. Sudah berlangsung selama 300 tahun daerah distrik Ouro Preto di Brazil ini menjadi penghasil batu topaz berwarna kuning, merah muda dan oranye terbesar di dunia. Negara lain selain brazil antara lain adalah Amerika Serikat, Meksiko, Rusia, Australia, Jerman, Pakistan, Srilanka, dan Myanmar. Batu yang sering menjadi batuan di cincin permata ini biasanya ditemukan tidak dalam bentuk kristal kecil, melainkan dalam bentuk kristal besar yang beratnya berkilo-kilo.

Harga Batu Topaz

Biasanya batu topaz yang paling banyak di gemari adalah yang berwarna biru pekat namun dengan kerlipan cahaya yang tajam serta atraktif. Batu topaz dengan warna biru muda sampai biru tua berkisar di harga Rp. 100.000 sampai Rp. 2.000.000 per carat, bahkan untuk topaz dengan kualitas keindahan yang lebih bagus lagi dapat mencapai puluhan juta per carat.

Kegemaran Batu Permata Berujung Pada Investasi Menguntungkan

Keindahan batu topaz layak untuk anda koleksi dan juga sebagai sarana investasi, kini pada zaman kenaikan harga BBM dan inlflasi memang sebaiknya banyak-banyak ber investasi agar masa depan tidak terlalu sulit untuk dilalui. Sekian sedikit ulasan mengenai batu topaz.

Kita tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga BBM 30 % sepanjang masih memiliki saran ber investasi dan juga sekarang sedang ada promo diskon 40% untuk harga batu topaz.