Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih jauh tentang batu cincin permata yang disebut dengan aquamarine atau yang lebih dikenal dengan batu biru laut. Nama aquamarine ini memiliki arti “air laut.” Batu cincin permata ini adalah salah satu batu mulia yang dikategorikan dalam mineral beryl sama seperti batu zamrud. Kata beryl sendiri asalnya dari bahasa Yunani, arti kata beryl adalah biru kehijau-hijauan.

Mengenal Lebih Lanjut Mengenai Batu Permata Aquamarine

batu aquamarineSesuai dengan namanya aquamarine dan mineral yang ada di dalamnya yaitu beryl, batu aquamarine ini apda umumnya berwarna biru kehijauan, biru laut, dan terkadang hijau bening. Akan tetapi, diantara warna-warna tersebut, batu aquamarine yang paling diburu adalah batu aquamarine yang berwarna biru pekat.

Berbicara tentang kualitas batu permata aquamarine, si batu biru laut termasuk batu mulia yang cukup keras. Nilai kekerasan batu aquamarine mencapai 7.5-8 berdasarkan skala keras Mohs. Nah, tingkat kekerasan batu Aquamarine ini sama dengan batu zamrud. Kedua jenis batu mulia ini pun menduduki posisi ke-lima di bawah batu intan, corundum, chrysoberyl, dan batu topaz.

Bagaimana sifat-sifat batu aquamarine?

Batu aquamarine ini bisa menimbulkan efek sinar seperti batu safir atau batu ruby. Nah, yang menjadi ciri khusus adalah, jika batu aquamarine ini dipanaskan dalam suhu tinggi (800 – 900 derajat Celsius), maka warna batu aquamarine perlahan akan menghilang. Warna batu aquamarine ini dipengaruhi oleh jumlah besi yang terkandung dalam batu cincin permata ini. Jumlah besi tersebutlah yang diketahui mempengaruhi warna-warna batu aquamarine yang biasanya sangat bervariasi mulai dari biru sampai hijau.

Untuk mendapatkan batu cincin permata aquamarine yang lebih mengkilap dan serta warnanya yang lebih kental lagi, batu aquamarine membutuhkan proses pemanasan atau heating. Oleh karena keindahannya tersebut, batu aquamarine ini sangat digemari oleh banyak masyarakat Eropa. Bahkan bukan hanya di Eropa, Kaisar Brazil Dom Pedro dikabarkan sempat memiliki jenis batu aquamarine yang katanya paling bagus dan sangat berkualitas yang pernah ditemukan. Kepopuleran batu aquamarine ini semakin melejit ketika pada tahun 1906, putri presiden Amerika Theodore Roosevelt dihadiahi sebuah batu aquamarine.

Seiring dengan berkembannya zaman dan teknologi yang semakin canggih, banyak orang yang ternyata mampu membentuk batu aquamarine sintetis. Menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu beryl, namun batu aquamarine asli dan palsu bisa dibedakan dengan mudah.

Ciri Keaslian Batu Permata Aquamarine

Batu permata aquamarine yang asli jika disentuh akan terasa dingin, sedangkan batu aquamarine palsu tidak terasa dingin. Ciri keaslian batu aquamarine selanjutnya adalah, jika batu dicelupkan ke dalam cairan bromoform batu ini akan mengambang. Sedangkan batu aquamarine palsu atau sintetis pasti akan tenggelam. Teori ini berkebalikan dengan batu topaz. Batu topaz asli justru akan tenggelam jika dicelupkan ke cairan bromoform.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki batu aquamarine yang asli harus berhati-hati agar jangan sampai mendapatkan batu cincin permata aquamarine yang palsu. Bahkan selain batu aquamarine yang sintetis, ada juga batu topaz yang dinilai sangat mirip dengan batu aquamarine. Secara kasat mata, batu aquamarine asli akan menampilkan fraktal lebih detail dan kaya akan cahaya berkerlip yang lebih tajam dari batu topaz, dan secara keseluruhan.. batu alami keindahannya justru datang dari ketidak sempurnaan seperti terlihat serat dan inklusi.. jika anda mendapatkan batu mulia aquamarine terlalu sempurna (tidak ada scratch di permukaan, bening dan sangat bersih) dan dengan harga murah.. tentu sudah seharusnya anda cek keaslian batu mulia tersebut ke laboratorium batu mulia di kota anda.

Batu permata aquamarine dengan warna biru yang menentramkan cukup ideal untuk anda yang memiliki kepribadian jujur dan menyukai keindahan alami serta hal-hal yang elegan. Jika anda tertarik dengan batu aquamarine, silahkan cek info harga batu aquamarine.