Taman Nasional Ujung Kulon, Keindahan dan Pesona Alam Impian di Ujung Barat Pulau Jawa

Taman Nasional Ujung KulonSuatu kawasan wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang Banten merupakan kawasan wisata yang telah diakui sebagai Warisan Dunia (World Heritage) oleh UNESCO di Tahun 1992. Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) masuk ke dalam wilayah Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur yang menjadi balai konservasi badak bercula satu yang merupakan hewan langka yang harus dilindungi dan dirawat dengan sangat baik. Di TNUK merupakan kawasan terpelosok hal ini disebabkan hanya ada satu sumber listrik saja, sehingga ada keterbatasan dalam menggunakan alat elektronik dan komunikasi. Tak hanya sebagai balai konservasi saja, kawasan ini juga memiliki pesona alam yang luar biasa. Di sini Anda akan menikmati banyak tempat wisata yang harus lebih dalam lagi dieksplor keindahannya seperti sungai, air terjun, pantai pasir putih, taman laut, dan sumber mata air panas. Anda akan dibuat kaget dan diam terpaku saat ada seekor ikan yang dapat memanjat akar pohon tembakau, yah ikan ini berjenis ikan glodok. Tak hanya ikan glodok saja, Anda akan melihat pula air yang muncrat karena muncul dari ikan sumpit yang memang dapat menyemprot air setinggi satu meter.

Saya akui kawasan ini memang terkelola dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan beberapa larangan bagi pengunjung mulai dari dilarang membawa benih tanaman, bahan kimia, senjata api, membawa binatang peliharaan, dilarang menagkap dan berburu binatang. Menurut saya hal tersebut pantas diterapkan dan dipatuhi agar tidak akan terjadi kerusakan alam oleh wisatawan yang datang kemari.

Spot Terindah di Ujung Kulon

  1. Pulau Peucang

Di Pulau ini sudah tersedia fasilitas dan infrasturktur bagi wisatawan yang berkunjung kemari, mereka akan merasa tentram, damai, dan tentunya dapat menjernihkan pikiran selama di sini. Sudah tak perlu diragukan lagi dengan pemandangan alam di daratan hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau. Anda wajib melakukan snorkeling dan diving untuk dapat menyaksikan sebuah karang besar dan berlubang di sisi utara pulau bernama Karang Copong.

  1. Kepulauan Handeuleum

Kepulauan Indah Handeuleum di Taman Nasional Ujung KulonAda beberapa pulau dengan ukuran yang berbeda dari mulai yang kecil hingga besar. Aktivitas mendayung kano di sebuah aliran sungai Cigenter menampilkan suguhan alam yang sungguh tak dapat dilukiskan dengan apapun. Dengan kelesatrian alam yang masih terjaga, kawasan ini menyimpan beragam satwa liar mulai dari burung, ular, dan ragam jenis ikan. Jangan lewatkan pula singgah di pulau-pulau lain yaitu Handeleum Besar, Handeleum Kecil, Handeleum Tengah, dan Pulau Kalong. Jika Anda lelah dan ingin menyegarkan diri, Anda dapat mengunjungi air terjung bertingkat di sini.

  1. Pulau Panaitan

Kawasan ini akan dijamin memanjakan pecinta dan penikmat olahraga air yang ada di Barat Laut Pulau Peucang. Surfer akan dibuat tertantang dengan one palm point yang merupakan julukan ombak terbaik untuk ditaklukan di sini.

  1. Curug Cikacang

Kawasan yang menyimpan hutan primer dan hutan sekunder ini berisi kehidupan banyak populasi flora dan fauna. Anda akan menemukan beberapa orang yang melakukan penelitian di sini, karena kawasan ini memang diperuntukkan sebagai tempat kegiatan penelitian, yang juga memiliki tanaman obat.

cincin silver permata

  1. Mata Air Panas Cibiuk

Sudah tak diragukan lagi bukan bahwa air panas itu memiliki kandungan yang sangat mujarab untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Anda dapat mengunjungi kawasan yang hanya berjarak 2 km dari TNUK.

  1. Padang Rumput Cidaon

Kawasan yang luas ditumbuhi rerumputan hijau dengan sekeliling terdapat pepohonan yang tumbuh subur membuat mata kembali segar ketika berada di sini. Sayangnya Anda tidak dapat menginjakkan kaki di padang rumput ini, karena akan ada satwa liar seperti banteng di sini, untuk itu setiap pengunjung hanya akan melihat dari balik teropong di atas menara. Namun jangan sedih, itu semua akan digantikan dengan sunset kala senja yang disebut-sebut sunset tercantik dan menawan.

  1. Tanjung Layar

Anda akan menjelajah ke dalam hutan yang ditumbuhi pohon-pohon berukuran besar dimana akan terdengar alunan kicauan burung-burung yang bernyanyi. Petualangan Anda akan diakhiri dengan mengunjungi sebuah mercusuar.

Hotel di Ujung Kulon

Memang tak cukup sehari berwisata kemari, untuk itu Anda harus menginap baik di cottage maupun villa di dekat kawasan Ujung Kulon. Anda dapat memesan kamar jauh-jauh hari melalui situs online Agoda.

[adsenseyu1]

Rute Wisata ke Ujung Kulon

Anda dapat memulai perjalanan menuju Ujung Kulon dengan melakukan pemberangkatan dari Jakarta-Kalideres (bus)-labuan atau Kampung Rambutan (bus)-Serang-Labuan (minibus)-Sumur-Taman Jaya. Sedangkat untuk melewati jalur laut Anda dapat menyewa kapal yang sudah banyak tersedia di Labuan dan Taman Jaya.