Yuk Wisata ke Simpang Lima Gumul, Tempat Rekreasi Indah dan Menarik di Kediri

Obyek Wisata Simpang Lima Gumul

Simpang Lima, dari namanya saja kita bisa mendefinisikan bahwa kawasan ini adalah titik temu dari lima buah ruas jalan yaitu Pare, Pagu, Plosoklaten, Gampengrejo, dan Pesantren. Namun Simpang Lima Gumul yang berada di Jalan Erlangga Kabupaten Kediri ini memiliki sisi menarik bila dibandingkan dengan simpang lima dimana pun itu. Simpang Lima Grumul memiliki sebuah monumen yang mengadopsi design dari monumen L’Archde Triomphe yang letaknya di Paris.

Obyek Wisata Simpang Lima Gumul Kediri Jawa Timur

Tempat Rekreasi Indah dan Menarik di Kediri Jawa Timur

Pada masa lampau kawasan ini populer dengan nama Proliman yang hanya dapat ditempuh dari pusat kota sejauh 6 km atau hanya 10 menit saja. Monumen Simpang Lima Gumul ini berdiri sangat kokoh dan terlihat begitu mewah berukuran 804 meter persegi dan 25 meter adalah tingginya. Di lantai paling bawah ada tiga buah tiang penyangga dengan mencapai ketinggian 3 meter, yang berkaitan pada hari jadinya Kota Kediri yaitu 25 Maret tahun 804 Masehi. Monumen ini telah berdiri sejak tahun 2003 yang merupakan gagasan Bupati Kediri dengan maksud sebagai pusat ekonomi baru serta ikon dari Kota Kediri.

Bersantai naik sepeda di Obyek Wisata Simpang Lima Gumul Kediri Jawa Timur

Di setiap sudut monumen terpajang arca Ganesha dimana arca ini memiliki makna lambang dari Pengetahuan, Kecerdasan, Kebijaksanaan, Penolak Bala, dan Pelindung. Monumen ini nampak semakin megah jika kita melihat lebih teliti lagi dengan banyaknya relief yang dipahat dengan rapi menggambarkan sejarah Kabupaten Kediri. Pahatan relief sebanyak 16, dimana 9 mengisahkan kesenian dan kebudayaan Kediri. Monumen ini memiliki gedung utama yang digunakan sebagai ruang pertemuan, dan jika menginjakkan kaki di lantai atas akan menjumpai auditorium dan minimarket, untuk basement gedung diperuntukkan sebagai ruang serba guna. Anda dapat berburu souvenir di Monumen ini tepatnya di lantai bawah.

Sisi Menarik dari Simpang Lima Gumul

  1. Pengunjung bebas memarkir kendaraan dimana saja asal tetap mematuhi peraturan, karena di sudut jalan persimpangan ini menyediakan area parkir.
  2. Untuk mencapai monumen, Anda harus menelusuri lorong bawah tanah.
  3. Banyak spot primadona yang sangat tepat dijadikan sebagai tempat pengambilan foto, seperti lorong bawah tanah, bagian tengah monumen yang menawarkan Monumen Simpang Gumul sebagai background, serta di samping patung dan taman yang dapat Anda jadikan tempat pengambilan foto.
  4. Kawasan wisata yang tepat dan cocok untuk duduk-duduk santai, berkumpul, dan berwisata bersama keluarga.
  5. Perut Anda akan dimanjakan dengan beragam makanan lezat yang dijajakan pedagang kaki lima yang mulai berjualan saat malam tiba.
  6. Anda dapat berburu oleh-oleh di pasar yang akan dipadati pengunjung di Sabtu malam dan Minggu Pagi di Pasar Tugu yang merupakan singkatan dari SetuMinggu atau Sabtu Minggu.
  7. Lantai atas monumen akan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum untuk menikmati pemandangan simpang lima ini, yang akan dibuka setiap hari libur.
  8. Jika Anda beruntung, maka Anda akan menyaksikan pagelaran seni budaya dan pameran produk andalan, serta sering dijadikan lokasi gathering oleh banyak komunitas di Kediri. Tak hanya itu, di simpang lima Grumul ini juga akan menjadi tempat pelaksanaan perlombaan dragrace, jambore nasional VW.
  9. Anda dapat mencoba wahana permainan di Grumul Paradise yang akan menawarkan beragam permainan seru yang pastinya membuat hari libur Anda semakin mengasyikkan.

Rute

Anda dapat menuju ke Simpang Lima Grumul dengan melakukan pemberangkatan dari Surabaya-Pare-Kediri yang memberikan fasilitas sub terminal menuju kawasan Simpang Lima Grumul.

batu citrine

No Responses

Top
Review Produk dan Jasa di Indonesia located at Bintaro Permai Jakarta , South Jakarta, Indonesia . Reviewed by FlyingEagle rated: 4.9 / 5