Tips mudik lebaran

Tips mudik lebaran

Tips mudik lebaran sebaiknya anda ketahui agar anda dapat mudik dengan lancar dan selamat. Saat ini sudah memasuki pertengahan bulan ramadhan dan tentu saja sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri. Hari raya yang satu ini memang khas dengan tradisi pulang kampung atau mudik ke kampung halaman masing-masing. Momen ini selain untuk bersilaturahmi namun juga untuk mengunjungi kampung halaman yang lama ditinggalkan.

Saat menjelang lebaran, identik dengan kenaikan harga transportasi baik transpotasi darat, laut maupun udara. Namun transportasi darat masih menjadi prioritas rakyat Indonesia untuk mudik lebaran. Apapun fasilitas kendaraan yang anda pilih untuk mudik lebaran anda harus mempersiapkan segala hal seperti tips mudik lebaran dibawah ini agar mudik anda selamat, nyaman dan menyenangkan.

1.    Rencanakan waktu mudik yang tepat
Anda harus merencanakan waktu mudik anda jauh-jauh hari. Anda tentu tidak ingin gagal mudik ke kampung halaman karena kehabisan tiket. Tips mudik lebaran adalah rencakan waktu mudik anda. Rencanakan kapan anda mulai berangkat dan kapan anda kembali ke kota anda. Bila anda berkesempatan mendapat jatah libur yang cukup panjang, tidak ada salahnya anda berangkat mudik lebih awal. Selain menghindari kemacetan yang pasti terjadi, perjalanan anda tentu akan lebih santai dan tidak tergesa-gesa. Semakin anda memilih waktu mudik yang mendekati hari H, maka resiko yang anda alami semakin besar sepertii terjebak macet dan mempengaruhi stamina saat anda mudik.

2.    Pilih transportasi mudik yang tepat
Tips mudik selanjutnya adalah memilih transportasi. Transportasi adalah modal utama kenyamanan anda saat mudik. Waktu anda cukup lama di perjalanan, sehingga anda harus membuat perjalanan mudik anda senyaman mungkin. Pilih transportasi yang menjamin keamanan dan keselamatan anda. Sebisa mungkin, hindari menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kendaraan anda dalam kondisi baik. Periksalah mesin anda pada bengkel terpercaya. Siapkan pula alat-alat mobil seperti tuas, dongkrak, ban cadangan, derek, dan alat-alat mobil lainnya. Pastikan pula kelengkapan surat berkendara anda (SIM, STNK).

3.    Siapkan kondisi tubuh yang fit
Faktor penentu kenyamanan anda saat mudik adalah kondisi tubuh yang fit/ prima. Bila kondisi tubuh anda baik maka perjalanan anda akan lebih menyenangkan dan nyaman. Anda harus cukup istirahat dan mengonsumsi suplemen agar tubuh anda tetap bugar. Bila anda lelah berkendara, segeralah anda beristirahat agar konsentrasi dan menyegarkan tubuh anda kembali. Tips mudik lebaran agar tubuh tetap fit, yaitu sebisa mungkin menghindari konsumsi kopi secara berlebihan.

4.    Pastikan rumah yang anda tinggalkan aman
Seiring dengan maraknya musim pulang kampung, meningkat pula tindak kriminal pencurian dan perampokan. Pastikan bahwa rumah yang anda tinggalkan dalam kondisi aman. Bawa barang berharga yang mungkin anda bawa atau simpan dalam lemari terkunci. Bila lingkungan rumah anda dilengkapi security, titipkan rumah anda pada petugas keamanan. Namun bila tidak, anda dapat menitipkan rumah anda pada tetangga sebelah rumah anda yang anda percaya.

5.    Persiapkan barang yang dibawa
Tips mudik lebaran yang terakhir adalah hindari membawa barang terlalu banyak dan berat karena tentu akan mengganggu kenyamanan anda saat mudik, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bawalah barang yang anda butuhkan seperlunya saja. urutkan barang yang mudah dan akan dikeluarkan lebih dulu di bagian yang paling atas. Jangan lupa untuk membawa P3K, dan peralatan lain yang diperlukan. Anda juga dapat membawa peta jalur mudik untuk membantu anda.

Selain tips mudik lebaran di atas, yang terpenting yaitu berdoalah sebelum anda berangkat. Perlindungan Tuhan adalah kunci utama mudik anda.