Perbedaan Scanner dengan Printer Multifungsi All in One

Jika Anda ingin membeli scanner, biasanya akan ada dua pilihan utama untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan informasi perbedaan scanner dengan printer multi fungsi (all in one printer).

perbandingan scanner dengan printer all in one

Perbedaan Scanner Dengan Printer Multi Fungsi

Apakah Anda menginginkan scanner mandiri yang berdedikasi atau Anda menginginkan printer multifungsi daripada mencetak, memindai dan menyalin?.

Jawaban atas pertanyaan itu pada dasarnya tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk dipindai dan kualitas pindaian yang Anda butuhkan, walaupun ruang dan harga juga dapat mempengaruhi keputusan Anda juga.

Untuk membantu Anda membuat pilihan terbaik, mari kita membahas kelebihan dan kekurangan dari scanner dan printer all-in-one dalam hal pemindaian.

 

Scanner

 Keunggulan Scanner

Perangkat yang didedikasikan untuk satu tugas hampir selalu akan menjadi lebih baik pada tugas itu daripada perangkat yang melakukan banyak tugas. Hal ini juga berlaku untuk pemindaian. Jika Anda memerlukan pindaian gambar berkualitas tinggi atau kecepatan pemindaian yang lebih tinggi, maka scanner mandiri lebih tepat untuk anda.

Dua contoh bagus perbandingan scanner ini adalah pemindaian foto dan pemindaian dokumen dupleks. Jika Anda menginginkan pemindaian foto beresolusi tinggi Anda gunakan scanner untuk memindai foto. Jika Anda perlu melakukan pemindaian dokumen secara massal, dua sisi bolak balik (dupleks), Anda dapat menggunakan pemindai dokumen. Meskipun Anda dapat menemukan printer all-in-one yang dapat melakukan tugas ini, hasilnya tidak akan sebaik jika dibandingkan scanner mandiri.

Keunggulan scanner dibandingkan printer multi fungsi terletak pada kualitas, fleksibilitas dan kecepatan. Banyak scanner yang secara khusus untuk memindai dokumen ratusan lembar sekaligus, untuk scan kartu nama, scan bukti pembelian, untuk mobile scanning dan sebagainya.

Tentunya untuk anda yang membutuhkan pemindaian dengan beban kerja tinggi dan membutuhkan kualitas, perbedaan scanner dengan printer multifungsi sangatlah jelas berdasar kebutuhan tersebut.

Kekurangan Scanner

Salah satu perbedaan scanner dengan printer multifungsi tentu berkaitan penggunaan ruang. Scanner flatbed membutuhkan ruang yang hanya digunakan untuk satu tujuan. Secara teoritis, Anda bisa menyimpan pemindai di tempat lain tapi itu bisa merepotkan dan sedikit berisiko karena pemindai bisa rusak jika terkena benturan keras.

Seiring dengan gagasan untuk mengambil ruang meja hanya untuk satu fungsi, pemindai juga bisa menjadi pilihan kantor rumahan yang lebih bersih karena mereka hanya melakukan satu tugas. Jika kebutuhan kualitas scanning tidak terlalu tinggi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penghematan ruang dengan printer all-in-one.

Printer Multifungsi

Keunggulan Printer Multifungsi

Keuntungan yang jelas untuk membeli printer all-in-one adalah Anda dapat mengerjakan 3 sampai 4 tugas dengan satu mesin. Printer multifungsi dapat memindai, mencetak, menyalin dan bergantung pada modelnya, juga faksimile.

Dan seperti yang disebutkan, printer multifungsi akan menghemat konsumsi ruangan. Anda bisa membeli printer multifungsi yang bagus dengan harga yang sama seperti pemindai kelas menengah ke atas dan akan menghemat ruang di meja.

Kekurangan Printer All-in-One

Kelemahan printer multifungsi untuk pemindaian adalah kualitasnya tidak akan sebagus scanner. Ini merupakan perbedaan scanner dengan printer all in one yang sangat jelas. Resolusi gambar akan lebih rendah dan kecepatan pemindaian kemungkinan akan lebih lambat. Hal ini disebabkan karena perangkatnya tidak terspesialisasi untuk memindai. Pilihan perangkat lunak juga tidak akan sebagus editing foto dan bahkan OCR (pengenalan text untuk merubah dokumen yang di scan menjadi data digital).

Untuk daya tahan perangkat, mungkin printer all in one akan lebih rentan dibanding scanner mandiri. Ini dikarenakan satu perangkat dipakai untuk berbagai jenis pekerjaan. Kecuali jika printer multi fungsi tersebut sebesar mesin foto copy, maka dapat memiliki daya tahan yang lebih memadai.

Selain itu, perbandingan scanner dengan printer multi fungsi yang perlu di kritisi adalah kelancaran dalam memasukan puluhan hingga ratusan dokumen dengan berbagai jenis ketebalan dan dimensi. Dan ini berdasar pengamatan kami, akan sangat terbatas untuk dilakukan oleh printer multifungsi.

Putusan terakhir

Secara keseluruhan, pilihan antara membeli pemindai atau membeli printer multifungsi bermuara pada apa yang perlu dilakukan. Jika Anda perlu memindai buku atau produk film (negatif atau slide), maka Anda memerlukan pemindai dokumen atau pemindai foto.

Produk Scanner Terbaru dari Fujitsu - SV600 ScanSnap Series

Tetapi jika Anda hanya perlu memindai beberapa dokumen atau beberapa gambar dan tidak butuh kualitas hasil scan, maka printer multifungsi dapat hemat biaya dan ruangan.

Jika anda sudah memiliki printer, maka sebaiknya cukup membeli scanner saja untuk lengkapi kebutuhan operasional anda. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak pilihan bagus di kedua pemindai khusus dan printer multifungsi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan Anda

Disamping itu, sekarang sudah ada scanner yang bisa langsung terhubung dengan gadget. Anda dapat scan dokumen dan gambar dimana saja dan kapan saja, dan langsung kirim ke e-mail, printer, fax, bahkan ke penyimpanan cloud untuk berkolaborasi.

promo fujitsu scansnap ix500

Top
Review Produk dan Jasa di Indonesia located at Bintaro Permai Jakarta , South Jakarta, Indonesia . Reviewed by FlyingEagle rated: 4.9 / 5