Setelah sebelumnya kita mengetahui arti cap karat emas dan cara menghitung kadar emas, sekarang kita coba jelaskan cara menghitung harga perhiasan yang terbuat dari emas. Harga emas di dunia biasanya mengikuti harga spot untuk rentang beberapa bulan, dan untuk di Indonesia biasanya mengikuti harga emas Antam.

Selain berpatokan pada harga emas efektif, juga perlu dipertimbangkan ongkos pembuatan cincin atau perhiasan emas, tentu kita harus mempertimbangkin hal ini juga walaupun produksi sudah dilakukan dengan sistem robot yang canggih.

Misal kita menemui sebuah Cincin Emas 14k dengan berat 4 Gram dengan batu mulia Ruby sebesar 3 carat, ada beberapa komponen yang harus kita cari tahu komponen harga, sebagai berikut:

  • Harga emas 14 karat seberat 4 gram
  • Harga Batu Mulia Ruby 3 carat
  • Ongkos jasa biaya pembuatan cincin

Contoh perhitungan harga cincin emas 14 karat dengan hiasan batu mulia:

HargaCincin Emas Putih 14k Ruby 3.3 ct ring 7 a emas Antam hari ini untuk 5 gram per gramnya adalah Rp. 500.000,- maka untuk membuat 4 gram cincin emas 14K dengan kadar emas 58.5% maka perhitungannya adalah (Rp. 500.000 x 58.45%) x berat 4 Gram = Rp. 292.500 x 4 gram = Rp. 1.170.000,-.

Harga Batu Ruby dengan berat 3 carat tergantung kualitas, untuk cincin semi precious biasanya batu ruby yang dipakai yang berkualitas menengah dan harga per caratnya sekitar Rp. 150.000,- maka di dapat Rp. 450.000,-

Ongkos bikin Cincin biasanya sekitar Rp. 400.000,-

Jadi total yang didapatkan untuk harga perhiasan emas tersebut adalah

Rp. 2.020.000,-

[adsenseyu6]Sehingga jika anda mendapatkan harga jual cincin emas tersebut diatas itu berarti terlalu mahal atau bisa saja pembuatnya adalah seorang perancang desain cincin ternama, dan sebaliknya jika anda mendapatkan penawaran harga dibawah hasil hitungan tersebut maka anda mendapatkan harga yang lebih murah, bisa saja penjual nya juga jual grosir batu mulia, sebab harga batu mulia tidak ada patokannya.

Semoga setelah membaca artikel ini anda sudah tidak perlu khawatir khawatir kemahalan dalam membeli perhiasan emas, cukup ketahui harga pasaran emas, biaya jasa pembuatan, dan batu mulia yang dipakai, sehingga anda dapat menentukan harga yang ditawarkan si penjual layak atau tidak.

Demikian cara mudah dalam menaksir harga perhiasan yang terbuat dari emas beserta hiasan batu utama dan batu aksen.