Tidak hanya di pabrik atau di gudang bahan kimia, produk detektor asap atau “smoke detector” juga sangat penting digunakan di data center. Banyak data center yang menggunakan produk detektor asap ini, sebagai pencegahan awal untuk kebakaran. Tentunya, kebakaran akan menyebabkan bencana keuangan yang besar bagi industri colocation server tersebut.

Beberapa Produk Detektor Asap

Perangkat Detektor Asap Untuk Di Dalam Ruangan Data Center

Berikut ini adalah beberapa produk detektor asap yang banyak digunakan di data center. Produk ini banyak di pasang sebagai satu set perangkat dengan sistem pencegahan dan pemadaman kebakaran secara ter-integrasi. Detektor asap untuk bisnis sewa ruangan server agak berbeda, mereka memliki sistem sensor yang lebih sensitif untuk mengenali berbagai tingkatan ancaman.

Vesda Laser Smoke Detector

alat detektor asap VesdaVESDA adalah alat pendeteksi asap berbasis laser, yang banyak dipakai di berbagai industri selama lebih dari 20 tahun. VESDA adalah perangkat detektor asap paling canggih di industri data center. Detektor asap VESDA telah meraih banyak sertifikasi. Vesda dapat di integrasikan dengan sistem pemadam kebakaran pada bisnis penyewaan ruagan server anda. Smoke detector VESDA banyak digunakan untuk kondisi dimana detektor asap biasa tidak dapat mengenali mana asap dari api dan mana asap yang keluar dari pendingin udara.

Ada tes yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda, ini adalah ukuran dengan menetapkan jumlah asap dan bacaan dari detektor VESDA yang dapat memberitahu anda bagaimana sistem akan melakukan pencegahan ataukah pemadaman dalam situasi nyata. Inilah yang tercocok, terutama untuk di ruangan data center yang campur perusahan sepert di Gedung Cyber 1 Mampang dan Gedung Ciyber 2 yang berlokasi di HR. Rasuna Said (Kuningan), Jakarta Selatan.

Discovery UL Photo-Electric Smoke Detector

Discovery UL Photo-Electric Smoke DetectorSmoke Detector buatan apollo ini bekerja menggunakan prinsip melepaskan cahaya dan sangat ideal untuk aplikasi di ruangan rak server. Ala ini dapat merespon dengan baik untuk memperlambat pembakaran. Discovery UL tidak terpengaruh oleh angin atau tekanan atmosfer dan dapat di monitor dari jarak jauh.  Produk ini banyak digunakan pada Bank, Rumah Sakit, Pemabangkit Listrik, dan sebagainya. Untuk ruangan server, Apollo memiliki produk khusus yang berjenis Discovery UL, XP95A dan Series 65A. Selain berfungsi sebagai alat pendeteksi asap, Discovery UL juga dapat berfungsi sebagai detektor suhu panas. Apollo banyak menyediakan modul lainnya untuk melengkapi perangkat detektor asap di data center anda.

FDR26 Optical Smoke Detector

Detektor asap sistem optikSensor optik untuk deteksi asap dapat mendeteksi asap yang memasuki ruang server. Kehadiran asap ditandai dengan menyalakan LED dan beralih ke relay. Asap terdeteksi hanya jika langsung “menyentuh” sensor. Alarm berakhir ketika ruang deteksi bebas dari partikel asap.

FDR26 Optical Smoke Detector dirancang untuk mendeteksi asap dan sinyal alarm kebakaran. Jika indra detektor asap, relay diaktifkan. FDR26 tidak bereaksi terhadap perubahan suhu, sangat cocok untuk instalasi di data center dan ruangan telekomunikasi seperti pada unit BTS.

Harga Detektor Asap untuk Ruangan Server

Harga tidak terlalu mahal, rata-rata sekitar Rp. 2jt per unit. Namun untuk sistem pencegahan kebakaran atau overheat secara terintegrasi anda memerlukan unit lainnya. Selain alat pendeteksi asap, diperlukan juga sensor temperatur dan siklus udara dan berbagai perangkat lainnya.

Berikut perinciannya:

Perkiraan kebutuhan dan untuk sistem pencegahan kebakaran di ruangan server secara ter-integrasi adalah sekitar Rp. 25 juta.

Demikian informasi mengenai detektor asap untuk ruangan data center anda. Semoga bermanfaat..