Pernikahan merupakan momen yang sangat indah dan sangat berharga. Untuk menyambut momen yang tak akan terlupakan tersebut, setiap orang tentu akan berusaha mempersiapkan yang terbaik. Termasuk dalam mempersiapkan cincin pernikahan. Memiliki cincin pernikahan yang mewah dan mahal tentu menjadi keinginan setiap mempelai. Cincin berlian, dan kini cincin permata seperti zamrud serta safir telah banyak digunakan sebagai perhisan untuk moment pernikahan.

Elizabeth Taylor Dan Cincin Berlian Termahal Di Dunia

Cincin pernikahan yang mewah dan berharga sangat mahal tentu tidak dapat dimiliki oleh sembarang orang. Hanya  orang – orang berpenghasilan fantastis saja mampu memilikinya. Sebut saja Kim Kardashian, Beyonce, Pippa Middleton, dan Elizabeth Taylor. Artis – artis mancanegara tersebut menggunakan cincin pernikahan dengan harga puluhan miliar.

Nama terakhir patut mendapat perhatian lebih. Elizabeth Taylor. Kisah cintanya yang bagaikan drama, dan ketertarikannya akan perhiasan mewah, membuat sosoknya seakan tak pernah lepas dari sorotan. Bahkan setelah ia meninggal sekalipun.

Kisah Cinta Elizabeth taylor – Richard Burton

Elizabeth taylor adalah seorang legenda. Kemampuan aktris yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Memulai karier berfilmnya sejak tahun 1941, wanita kelahiran 27 Februari 1932 ini telah mengumpulkan banyak penghargaan. Termasuk memenangkan Academy Award sebagai Aktris Terbaik.

Aktris yang memiliki nama asli Elizabeth Rosemond Taylor ini memiliki kisah cinta yang cukup menarik perhatian. Tercatat ia telah 8x menikah. 6x berakhir karena perceraian, dan 1x karena ditinggal mati.

Pernikahannya yang pertama adalah dengan Conrad Hilton, Jr pada tahun 1950. Kemudian berturut – tuurt ialah dengan Michael Wilding (tahun 1952 – 1957), Mike Todd (tahun 1957 – 1958), Eddie Fisher (tahun 1959 – 1964), Richard Burton (1964 – 1974, kemudian menikah kembali tahun 1975 hingga 1976), John Warner (tahun 1976 – 1982), dan terakhir Larry Fortensky (tahun 1991 – 1996).Pernikahannya yang paling kerap menjadi sorotan publik ialah pernikahan dengan Richard Burton.

Elizabeth Taylor dan Richard Burton pertama kali bertemu saat keduanya berperan dalam film Cleopatra. Kebersamaan mereka menimbulkan sensasi yang luar biasa. Bahkan vatican mengutuk hubungan kedua artis tersebut. Tak lain karena pada saat itu baik Elizabeth Taylor maupun Richard Burton masih terikat dalam pernikahan.

Banyaknya tentangan yang timbul tidak menghalangi mereka untuk bersatu. Mereka memutuskan menikah pada bulan Maret tahun 1964. Pernikahan tersebut hanya bertahan sekitar  10 tahun. Walaupun akhirnya mereka kembali menikah pada tahun 1975.

Selama menjalin hubungan, Richard Burton selalu memberikan hadiah – hadiah mewah bagi Elizabeth Taylor. Yacht, pesawat pribadi, dan perhiasan – perhiasan mahal tercatat pernah diberikan oleh Richard Burton kepada istrinya tersebut. Perhiasan yang pernah diberikan oleh Richard Burton antara lain Cincin Bulgari, Kalung Emerald Bulgari, Kalung Sapphire Bulgari, Berlian Taylor – Burton dan Berlian Krupp.

Cincin Bulgari

cincn bulgari milik elizabeth taylor

Cincin ini merupakan perhiasan pertama yang Richard Burton berikan untuk mengambil hati Elizabeth taylor. Cincin yang dibuat oleh Bulgari pada tahun 1962. Terbuat dari platinum dan bertahtakan emerald sebesar 7,40 karat, ditambah lagi dengan taburan berlian dengan total 5,30 karat membuat cincin ini sangat luar biasa. Cincin ini dijual oleh sang almarhumah untuk yayasan AIDS, dengan pesan “Wear IT with Love” atau “Pakailah dengan Cinta”, bukan dengan nafsu saja.

Kalung Emerald Bulgari

kalung zamrud bulgariKalung ini diberikan oleh Richard Burton kepada Elizabeth Taylor tahun 1962. 2 tahun sebelum pernikahan mereka. Kalung indah ini terbuat dari platinum dan emerald yang berasal dari kolombia.

Zamrud kolombia yang berbentuk kotak di kalung tersebut memiliki berat total 22.44 carat yang di produksi oleh Bulgari pada tahun 1958 dengan bentuk sebelumnya adalah sebuah bros.

Kalung Sapphire Bulgari

kalung safir termahal di duniaKalung ini merupakan hadiah ulang tahun ke-40 bagi Elizabeth Taylor.  Kalung ini menggunakan rantai  platinum yang panjang dan bertahtakan batu safir Burma sebesar 65 karat. Richard Burton membelinya pada tahun 1972. Kalung ini dinamakan the Sautoir yang diproduksi oleh Bulgari sekitar tahun 1970. Sekeliling kalung safir ini diberikan hiasan butiran berlian dan safir ukuran kecil dengan potongan brilliant-cut. Silahkan lihat koleksi perhiasan elizabeth taylor disini.

Berlian Taylor – Burton

cincin berlian termahal dan terindah di duniaMerupakan salah satu perhiasan milik Elizabeth Taylor yang terkenal. Berlian sebesar 69,42 karat ini sebelumnya merupakan sebuah cincin. Namun karena dirasa terlalu besar, maka Elizabeth Taylor meminta cartier untuk mengubahnya menjadi liontin.

Demikian banyaknya koleksi perhiasan mewah yang dimiliki oleh Elizabeth Taylor. Membuatnya dijuluki sebgaai ‘Ratu Perhiasan Dunia’. Namun di antara sekian banyak tumpukan perhiasan mewah milik Elizabeth Taylor tersebut, ada satu perhiasan yang merupakan favoritnya. Perhiasan itu ialah Berlian Krupp.

Berlian Krupp, Cincin Termahal Yang Pernah Ada

Berlian Krupp dinamakan sesuai dengan nama pemilik pertamanya yaitu Vera Krupp. Richard Burton membeli perhiasan mewah ini pada lelang yang diadakan di New York bulan Mei  tahun 1968. Berlian ini dipersembahkan kepada Elizabeth Taylor di atas yacht yang juga merupakan hadiah dari Richard Burton.

Berlian tersebut merupakan cincin berlian termahal yang ada pada saat itu. Dapat dilihat dari catatan sejarah yang menyimpan rekaman lelang. Dikatakan “Cincin berlian. New York. 305.000 dolar (sekitar Rp. 4 milyar). Koleksi dari Vera Krupp von Bohlen. Harga tertinggi yang pernah dibayar dalam lelang untuk sebuah cincin berlian”

Perhiasan luar biasa ini merupakan sebuah cincin berlian 33,19 karat. Setara dengan 6,638 gram. Cincin ini dibuat dengan detail Asscher Cut. Asscher Cut adalah desain potongan berlian yang merupakan ciri khas dari Perusahaan Berlian Royal Asscher.

Perushaan Berlian Royal Asscher sendiri merupakan perusahaan dalam bidang industri berlian yang telah berdiri sejak tahun 1854. Perusahaan ini didirikan oleh Joseph Isaac Asscher, yang kemudian dilanjutkan oleh kedua anaknnya, yaiut Isaac Joseph Asscher dan Abraham Asscher. Royal asscher merupakan perusahaan berlian paling terkenal di abad ke – 20.

cincin berlian termahal di dunia

Berlian, yang setelah kematian Elizabeth Taylor dikenal dengan nama Berlian Elizabeth Taylor, ini diperkirakan dibuat sebelum tahun 1920. Hal tersebut dapat dilihat dari model potongan dasar berlian yang cenderung lebar. Kejernihan berlian ini mencapai golongan VS1. Gemological Institute of America bahkan menyatakan bahwa kejernihan berlian tersebut mungkin akan bertahan selamanya. Berlian liz taylor tersebut terakhir di lelang pada tahun 2011 dan menembus angka USD 9.2 juta atau sekitar Rp. 120 milyar!

Gemological Institute of America juga mengeluarkan surat pernyataan yang berisi bahwa Berlian Krupp merupakan berlian tipe IIa. Berlian tipe IIa merupakan jenis berlian yang sangat murni dan tidak terpapar bahan kimia. Contoh berlian tipe IIa lain ialah Berlian Koh-i-noor dari India.

Kualitas Berlian Krupp memang sangat luar biasa. Jenis berlian seperti itupun sangat jarang ditemukan. Hal – hal tersebut membuat harga Berlian Krupp teramat mahal.

Setelah kematian Elizabeth Taylor, seluruh perhiasan yang dimilikinya dijual melali lelang. Lelang diadakan di Christie’s, balai lelang terkenal dunia.  Perhiasan –  perhiasan milik mendiang Elizabeth Taylor terjual dengan harga yang fantastis. Termasuk di dalamnya Berlian Krupp.

Berlian Krupp atau Berlian Elizabeth Taylor ini dibeli oleh perusahaan besar di Korea. Perusahaan Korea bernama E-Land ini mengaku membeli perhiasan milik mendiang ini untuk kemudian dipamerkan pada E-World. E-World merupakan taman bermain besar yang akan mereka bangun di daegu.

Menurut versi lainnya, cincin berlian tersebut laku terjual dengan harga 8,818 juta dolar atau setara dengan 114 miliar rupiah. Harga yang sangat fantastis.Harga tersebut tercatat merupakan harga yang paling tinggi untuk sebuah cincin berlian.

Itulah sekelumit kisah mengenai Elizabeth Taylor Sang Ratu Perhiasan Dunia dan Cincin Elizabeth Taylor, yang merupakan cincin berlian termahal yang pernah ada. Untuk anda yang tertarik, silahkan baca juga tentang perhiasan permata sebagai kado ulang tahun pernikahan yang tengah menjadi tren di kalangan selebritis tanah air.